Random post

Perlu Di Ketahui, Ini Penyebab Urat-Urat Di Tangan Atau Kaki Terlihat Jelas




Seseorang bertanya kepada saya saat kita sedang istirahat bekerja, dia menanyakan soal urat-urat di tangan dan kakinya kok terlihat jelas dan membuat dirinya kurang pede. Saya agak bingung karena saya juga gak begitu tau soal itu dan karena saya juga penasaran jadi saya mencoba mencari informasi mengenai hal tersebut. Dan ternyata ini nih penyebabnya simak di bawah ya ulasannya


Dalam bahasa kedokteran kondisi terlihatnya urat-urat pada kaki atau tangan ini adalah Varises. Varises merupakan vena normal yang mengalami pelebaran akibat dari pengaruh meningkatnya tekanan vena yang terjadi karena manifestasi sindrom insufiensi vena dimana aliran darah di dalam vena tidak dapat mengalir balik ke jantung secara maksimalsehingga mengalami penumpukan.

Ini Penyebab Varises 


Berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena yang menyebabkan pembuluh vena melemah dan tidak sanggup mengalirkan darah ke jantung sebagaimana semestinya.

Aliran darah dari kaki ke jantung sangat melawan gravitasi bumi. oleh karena itu, pembuluh darah harus kuat dan harus ada kontraksi otot sekitar yang memompa.

Penyebab lainya adalah rusaknya katup  pada pembuluh vena padahal katup atau klep ini bertugas menahan darah yang mengalir ke jantung agar tidak keluar kembali. Katup yang rusak akan membuat darah berkumpul di dalam dan dapat menyebabkan gumpalan yang mengganggu aliran darah anda.

Faktor-faktor Terjadinya Varises


1. Faktor Keturunan

Jika salah satu dari keturunan anda memiliki varises kemungkinan anda juga dapat mengalami hal tersebut.

2. Kurang bergerak

Terlalu banyak diam dapat membuat otot-otot sekitar pembuluh darah vena tidak mampu memompa darah secara maksimal sehingga menyebabkan timbulnya varises.

3. Terlalu banyak berdiri

Saat anda berdiri dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan kaki jadi terlalu berat menahan tubuh dan memperparah beban kerja pembuluh vena dalam mengalirkan darah.

4. Kebiasaan Merokok

Sudah banyak orang tau rokok memang tidak baik bagi tubuh kita, Kandungan zat berbahaya dalam rokok membuat pembuluh darah akan menjadi kaku dan menyebabkan penyempitan sehingga dinding pada pembuluh tidak elastis lagi.

5. Penderita Kolestrol Dan Kencing Manis

Jika anda penderita kolestrol dan kencing manis hati-hati karena varises dapat dengan mudah anda alami.

Selain kelima faktor di atas kehamilan dan pemakaian sepatu hak tinggi juga dapat memicu terjadinya varises.

Gejala-gejala awal pada Varises


  1. Kaki dan tungkai terasa berat
  2. otot-otot mudah pegal, panas, kaku 
  3. Terasa sakit di seputar kaki atau tungkai
  4. Pembengkakan di kaki
  5. Betis tapak ada urat berwarna kebiru-biruan dan berkelok-kelok.


Cara untuk pencegahannya hindari berdiri terlalu lama jika memang pekerjaan anda mengharuskan anda untuk berdiri lama usahakan untuk tidak berdiri dengan posisi yang statis atau diam. lakukan pergerakan kecil agar otot tungkai dapat terus bekerja memompa darah ke jantung, berhentilah menghisap rokok dan ruti-rutin berolahraga secara teratur agar kesehatan tetap terjaga. 


0 Response to "Perlu Di Ketahui, Ini Penyebab Urat-Urat Di Tangan Atau Kaki Terlihat Jelas"

Posting Komentar