Random post

Air Dalam Botol Pelastik Menyebabkan Kanker, Benarkah ??

Air Dalam Botol Pelastik Menyebabkan Kanker

Baru-baru ini beredar kabar dari salah satu berita artikel di internet yang menyatakan bahwa Air Dalam Botol Pelastik Dapat Menyebabkan Kanker. 
Seorang dokter berkata wanita jangan meminum minuman yang sudah lama berada di dalam mobil karena hawa panas yang dapat memanaskan bahan plastik di dalam botol terdapat bahan kimia yang dapat menimbulkan penyakit kanker .

Seorang murid di universitas idaho menyebutkan botol plastik yang dapat menimbulkan kanker. Disebutkan dalam penelitiannya penggunaan botol plastik yang sama secara berulang-ulang lalu menyimpannya di mobil atau tempat kerja yang sama dengan suhu lingkungan ternyata dapat menimbulkan zat diethylhydroine (DEHA). Menurut penelitian DEHA tersebut memiliki potensial dapat menyebabkan kanker pada penggunanya. Dan disarankan botol kemasan dalam pelastk ini hanya bisa digunakan sekali saja jangan sampai berulang-ulang.

Penggunaan botol pelastik tidak boleh lebih dari beberapa hari maksimalnya hanya dalam satu minggu saja, jauhkan dari suhu panas secara berelbihan, dan mencuci botol plastik berulang-ulang dengan menggunakan sabun cuci dapat menyebabkan zat DEHA menempel pada minuman yang anda konsumsi dalam botol pelastik tersebut.

Menurut FDA " Food and drug administration " yang berada di amerika, telah menyatakan bahwa bahan yang memenuhi standar dalam penggunaan botol untuk menyimpan makanan atau minuman dalam botol plastik adalah PET atau polyethylene terephthlate. botol plastik yang berbahan dasar PET telah memiliki izin untuk di pergunakan kepada para produsen-produsen makanan dan minuman baik untuk jangka panjang ataupun jangka pendek.

Menurut lembaga kesehatan atau FDA menyatakan penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas di amerika itu tidak berada dalam pengawasanya. Dan penyebarannya tidak berada pada tempat yang benar misalkan pada jurnal-jurnal ilmiah ataupun jurnal tekhnik, testis atau penelitian tersebut hanya di publikasikan melalui email dan belum disetujui kebenarannya oleh para ahli dari lembaga kesehatan terkait.

DEHA yang di temukan dalam penelitian tersebut belum disetujui sebagai bahan yang dapat menyebabkan penyakit kanker. DEHA sering digunakan pada pelastik-pelastik untuk menyimpan barang bukan dala botol plastik untuk menyimpan makanan atau minuman.

Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah, Memang penggunaan botol-botol plastik yang berulang kali digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman dapat menyebabkan gangguan kesehatan kita, tapi itu jika kita tidak membersihkannya secara steril. Menurut badan kesehatan FDA di amerika menggunakan botol secara berulang masih aman digunakan asal selalu di bersihkan secara teratur dan benar.

0 Response to "Air Dalam Botol Pelastik Menyebabkan Kanker, Benarkah ??"

Posting Komentar