Random post

Inilah Penyebab Rasa Sakit Di Ulu Hati



Banyak orang sering mengeluhkan sakit di bagian ulu hati dalam istilah kedokteran ulu hati lebih dikenal dengan sebutan epigastrium letaknya ulu hati berada di bawah tulang dada di atas pusar dan berada di tulang rusuk kita.

Saat ulu hati terasa sakit biasanya sering di iringi dengan gejal-gejala lain seperti mual-mual perut terasa kembung, kram perut, bersendawa, menurunnya berat bada, kadang muntah, dan rasa lapar. gejala-gejala tersebut sering ditemui disaat ulu hati terasa sakit.

Banyak faktor yang menjadi penyebab sakitnya bagian ulu hati anda. Rasa nyeyri di ulu hati bukan selalu datang dari lambung atau penyakit maag yang sudah umum di ketahui masyarakat kita tapi ada beberapa bagian tubuh lain yang bisa menjadi penyebab datangnya rasa sakit ulu hati ini seperti liver dan usus 12 jari, kandungan empedu serta prangkeas atau bahkan bisa bersangkutan dengan penyakit jantung.

Inilah Penyebab-penyebab Sakitnya Ulu Hati yang sering di keluhkan oleh masyarakat :


1. Penyakit Gerd atau Asam lambung(maag)


Rasa sakit di ulu hati bisa merupakan salah satu gejala terjadinya penyakit asam lambung hal ini terjadi karena adanya regurgitasi pada makanan menyebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan dan menimbulkan rasa sakit di ulu hati.

2. Penyebab Kanker Lambung


Anda harus Waspada saat merasakan sakit di bagian ulu hati karena ini bisa menjadi salah satu ciri dari kanker lambung gejala lain yang muncul ditandai dengan menurunnya bobot berat tubuh penderita dan sakit perut yang akut.

Kalangan yang berisiko tinggi mengalami kanker lambung adalah pria perokok yang berusia 55 tahun ke atas dan sering mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi, serta memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit ini.

3. Penyebab Adanya Peradangan Pada Pankreas


saat pankreas mengalami peradangan yang sudah kronis akan mennimbulkan sakit di bagian ulu hati yang menjalar ke belakang punggung. Lakukan pemeriksaan jika gejala tersebut sering terjadi.

4.Penyebab dari Penyakit Kandung Empedu


Penyakit kandungan batu empedu akan menimbulkan rasa sakit di bagian ulu hati dan di daerah bagian perut.

5. Adanya Kanker Di Pankreas


Penyebab adanya rasa sakit di ulu hati adalah tanda atau gejala adanya gangguan di bagian pankreas atau penyakit kanker pankreas.

6. Penyakit Liver atau Hati (Hepatitis)


Rasa sakit di ulu hati menjadi tanda berikutnya dari adanya penyakit di daerah hati atau lebih dikenal dengan penyakit hepatitis.

7. Adanya Sindrom iritasi Pada Usus


Adanya iritasi pada usus menyebabkan rasa sakit di ulu hati selain itu, saat iritasi pada usu terjadi sering menyebabkan kram dan perut kembung. kondisi ini bisa terjadi karena pergerakan lapisan otot yang lebih kuat dari biasanya saat proses membawa makanan dari perut menuju anus.

8. Preeklamsia


Preeklamsia merupakan sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan  tekanan darah tinggi atau hipertensi dan tanda-tanda kerusakan organ, seperti kerusakan ginjal yang ditandai oleh tingginya kadar protein pada urine. Pada saat preeklamsia gejala sakit di bagian ulu hati sering di rasaan oleh penderita.


Fakto-faktor lain yang bisa memciu sakit di ulu hati


Jenis makanan atau minuman pemicu maag 


Seperti yang telah anda ketahui bahwa gejala penyakit yang ada rasakan yaitu rasa neyri sebelah kiri perut, nyeri pada ulu hati, perut kembung, dan perut terasa perih bahkan sesak. ini adalah merupakan tanda dan gejala dari penyakit maag atau organ yang terserang adalah lambung.

Lambung merupakan bagian dari organ pencernaan yang bertugas mengeluarkan asam lambung. Akan tetapi ada beberapa makan dan minuman yang memicu peningkatan kadar asam pada lambung atau bahkan ada beberapa jenis makanan yang bisa menambah produksi gas atau udara pada lambung sehingga perut menjadi kembung hingga menyebabkan rasa sesak.

Pola diet yang salah


Pola diet yang anda gunakan untuk menurunkan berat bada bisa menyebabkan terjadinya peningkatan asam lambung yang berlebihan sehingga menyebabkan perut anda terasa perih. Sebaiknya pola diet yang anda gunakan untuk menurunkan berat badan perlu mendapatkan konsultasi dari dokter atau tim medis lainnya.

Kebiasaan pola makan yang tidak teratur


Jadwal makan yang tidak teratur menjadi salah satu penyebab penyakit dari asam lambung Kebiasaan ini mengakibatkan produksi asam lambung yang berlebih.

Stress 


Stress ini terjadi saat anda tidak dapat mengontrol pikiran dan perasaan serta emosi anda. Bukan hanya dalam kondisi marah yang disebut stress galau juga bisa dikatakan stress karena membuat kita tak dapat mengontrol emosi.

Saat anda mengalami stress maka seluruh organ ditubuh anda akan bekerja lebih keras sertalebih cepat dibanding saat anda berada dikondisi tenang, ini terjadi dikarenakan adanya peningkatan hormonal.

Pembuluh darah mengalami pengkerutan atau vasokonstruks denyut nadi lebih cepat dan produksi asam lambung juga lebih banyak dan hal ini menimbulkan sensasi nyeri pada perut dan ulu hati

infeksi dari Mikroorganisme patogen


Ada bakteri yang dapat bertahan terhadap tingkat keasaman asam lambung yang menyebabkan peradangan infeksi pada lambung yaitu bakteri Helicobacter pylori.

Selain itu Virus atau jamur juga bisa menginfeksi lambung namun infeksi yang disebabkan oleh virus dan jamur ini sering terjadi pada penderita penyakit asam lambung yang menahun atau pada penderita yang mengalami penurunan atau gangguan sistem kekebalan tubuh

Rasa sakit di ulu hati memang akan sembuh dengan sendirinya akan tetapi, waspadai sakit ulu hati yang terus menerus dan berkepanjangan ini bisa menjadi salah satu penyebab dari penyakit-penyakit yang kronis.

0 Response to "Inilah Penyebab Rasa Sakit Di Ulu Hati"

Posting Komentar