Random post

Hati-hati Jika Demam Anak Anda Yang Disertai Kejang Ini Cara Terbaik Mengatasinya

Ibu mana yang tak kan sedih dan gundah gulana ketika melihat anaknya panas. Tapi tenanglah bu, jangan terburu-buru jika anak anda menderita panas masih satu hari jangan langsung di bawa ke rumah sakit karena itu percuma dokter bisa mendioagnosa panas tersebut setelah demamnya lebih dari 2 hari.
Demam Anak

Selain itu ibu di rumah juga bisa menanganinya sendri dengan cara mudah untuk penanganan pertamanya. Mari simak ulasan saya tentang bagaimana cara penanganan pertama saat anak atau balita anda terserang demam atau panas.
  • Langkah pertama, Biarkan anak atau balita anda istirahat di rumah jangan biarkan bermain terlebih dahulu.
  • Beri anak anda obat penurun panas misal parasetamol atau ibuprofen dan harus sesuai anjuran pak dokter atau ibu dokter.
  • Beri banyak minum saat anak anda demam atau panas agar terhindar dari kekurangan cairan.
  • Kompreskan air hangat jangan air dingin karena air hangat akan membuat pori-pori tubuh anak anda terbuka sehingga panas dalam tubuh bisa keluar.
  • Sangat tidak disarankan mengopres menggunakan alkohol karena akibatnya bisa terjadi infalasi yang membuat si anak lemas atau bahkan hilang kesadaran.
  • Jangan meminum minuman yang mengandung kafein, cola atau teh karena mereka dapat menyebabkan peningkatan urinasi (kencing) yang malah bikin dehidrasi.
  • Pastikan kamar tidur berada pada suhu yang nyaman tidak panas dan tidak dingin
  • Gunakanlah pakaian yang ringan lalu tutup dengan selimut. Pakaian yang tebal atau terlalu banyak malah akan mencegah panas tubuh keluar dan malah menyebabkan suhu tubuh semakin naik.


Lalu bagaimana ketika demam yang disertai kejang ? tetaplah tenang dan lakukan hal-hal berikut ini :


  1. Letakan anak di tempat yang aman yang jauh dari benda-benda berbahaya
  2. Baringkan anak anda dalam posisi miring agar makanan, muntahan, minuman atau benda lain yang ada dalam mulut bisa keluar sehingga ana terhindar dari bahaya tersedak.
  3. jangan sampai memasukan benda apapun ke dalam mulut seperti sendok, jari orangtua atau bahkan mimnuman kedalam mulut anak yang mengalami kejang karena beresiko terjadinya sumbatan jalan napas apabila terluka.
  4. Tidak boleh berusaha menahan gerakan anak atau menghentikan kejang dengan cara paksa bahayanya bisa menyebabkan patah tulang 


Kejang yang didahului oleh demam biasa disebut dengan kejang demam . Kejang biasanya disebabkan karena suhu anak Anda mencapai lebih dari 38 drajat celcius.
Penyebab kejang biasanya karena demam yang sangat mendadak, Tidak diketahui penyebab kenapa kejang demam bisa terjadi pada satu anak tapi belum tentu terjadi pada anak yang lain, Kemungkinan bisa terjadi karena genetik.

0 Response to "Hati-hati Jika Demam Anak Anda Yang Disertai Kejang Ini Cara Terbaik Mengatasinya"

Posting Komentar