Random post

Ini Penyebab Gatal Pada Selangkangan

Assalamualaikum sobat terima kasih selalu setia membaca artikel-artikel di blog yang biasa biasa saja ini.

Ada kah yang pernah mengalami gatal pada daerah selangkangan ? mau tau apa sih sebenarnya penyebab gatal tersebut. yup kita bahas sekarang.

Ini Penyebab Gatal Pada Selangkangan

Selangkangan memang merupakan bagian tubuh yang mudah lembab, karena merupakan area bagian yang terlipat. Ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kelembaban di daerah selangkangan misalnya aktifitas fisik, tubuh yang sering berkeringat , berat badan , suhu lingkungan , dan jenis pakaian atau celana dalam yang tidak menyerap keringat.

Untuk seseorang yang mempunyai berat badan berlebihan akan lebih cenderung memiliki kulit yang mudah lembab dan berkeringat dan dalam kondisi ini merupakan kondisi yang baik untuk tumbuhnya kuman dan jamur.

Gejala dari infeksi jamur adalah gatal-gatal pada kulit, berbau tidak sedap, lembab, dan kulit menjadi mudah iritasi/kemerahan.

Penyakit jamur yang mengenai daerah selangkangan dapat disebabkan oleh jamur dermatofita atau candida, dalam dunia kedokteran disebut sebagai tinea kruris. Tinea kruris disebabkan oleh jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes.

Jenis jamur seperti ini memang biasa mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang sangat hebat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

Cara Penanganan Gatal Pada Selangkangan

  1. Mandi secara teratur 2 kali sehari
  2. Sering-seringlah ganti pakaian anda jika sudah banyak berkeringat
  3. Gunakan pakaian yang berbahan tipis
  4. Hindari menggunakan celana yang ketat
  5. Hindari menggunakan handuk atau cekana bergantian dengan orang lain


Pengobatan yang dapat di gunakan adalah dengan obat antijamur. Dapat berupa salep ( ketokonazol, mikonazol ) atau obat minum. Salep antijamur tersebut di gunakan 2 minggu setelah lesi penyembuhan Jika infeksinya luas, dapat diberikan anti jamur oral, Pada umumnya digunakan Griseofulvin 500 mg 1x per hari, diberikan selama 4 – 6 minggu.

Efek samping yang dapat timbul adalah gangguan pada fungsi hati, dan jika Anda sedang ada penyakit hati (sakit kuning) akan dipertimbangkan pemberian obat lain. Sesudah pengobatan oral selesai, dapat dilanjutkan dengan pengobatan krim anti jamur selama 2 minggu.

Gatal yang ada sebaiknya tidak digaruk. Selain menghindari suasana lembab pada daerah tersebut, dapat digunakan bedak untuk menjaga daerah tersebut tetap kering dan terjaga kelembabannya. Penggunaan obat-obatana ini tentunya harus sesuai dosis, indikasi dan di bawah pengawasan dokter.

0 Response to "Ini Penyebab Gatal Pada Selangkangan"

Posting Komentar