Random post

Inilah Tips Dan Cara Terbaik Atasi Insomnia Yang Sulit Di Sembuhkan

cara atasi insomnia


Ketika anda harus beristirahat untuk menyiapkan kebugaran tubuh anda dalam melakukan aktivitas hari esok tapi anda malah mengalami insomnia atau susah tidur yang akan mengganggu aktivitas anda esok hari. 

Insomnia biasanya terjadi dalam waktu 1 atau 2 malam untuk kasus yang normal, tetapi jika pada kasus insomnia akut biasanya terjadi selama beberapa bulan bahkan bisa hingga tahunan.

Insomnia akan dapat menggangu aktivitas anda di keesokan harinya seperti kurangnya konsentrasi saat bekerja dan menimbulkan tingginya kesalahan dalam melakukan pekerjaan. Parahnya, rasa kantuk dan kurangnya istirahat yang berlangsung lama akan menimbulkan berbagai maca masalah kesehatan mulai dari tekanan darah tinggi, stroke, serangan jantung, gangguan mood dan kejiwaan, kegemukan atau obesitas, timbulnya gangguan dalam pemusatan perhatian atau Attention Deficit Disorder (ADD), dan dapat terhambatnya pertumbuhan pada janin dan anak.

Adanya berbagai faktor yang dapat memicu timbulnya insomnia. Berikut faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya insomnia atau susah tidur.

1. Masalah Psikologi Atau Stres


Stres menjadi salah satu faktor utama dalam memicu timbulnya insomnia. tak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk tidur disebabkan karena stres, ada banyak alasan mengapa orang menjadi stres. seperti stres dalam masalah pekerjaan, hubungan sosial dan keluarga, stres mikirin hutang dan masih banyak lagi pemicu stres yang akan menjadi faktor anda kesulitan untuk tidur.


2. Rasa Cemas


Orang yang sedang mengalami rasa cemas sering menjadi faktor penyebab kesulitan tidur berikutnya. Rasa cemas ini juga dapat membuat seseorang menjadi sulit mempertahankan tidurnya, membuat seringnya terbangun saat tengah malam dan kesulitan utuk tidur pulas kembali.

3. Masalah Kesehatan Fisik


Ada banyak masalah kesehatan fisik yang dapat menimbulkan sulitnya mendapatkan tidur yang nyenyak dan masalah kesehatan fisik ini akan membuat seseorang merasa tidak nyaman dan kesulitan mendapatkan posisi tidur atau mempertahankan tidur. masalah kesehatan fisik itu sendiri seperti penyakit asma, radang sendi, alzheimer, penyakit saraf, janytung dan lainnya.

4. Gaya Hidup


Kebiasan atau gaya hidup anda juga dapat menjadi penyebab munculnya insomnia seperti aktivitas tidur kita yang tidak menentu atau berubah-ubah yang dapat menyebabkan ritme sirkadian yang mengatur metabolisme tubuh, termasuk siklus tidur dan bangun, menjadi terganggu. 

Ini biasa terjadi pada orang yang bekerja di perusahan yang memiliki sistem ship malam dan mengharuskan untuk tidur siang sebagai pengganti malam. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol, kafein, dan nikotin menjadi faktor lain yang dapat menyebabkan anda kesulitan tidur. 

5. Kurangnya Nutrisi Tertentu


Kekurangan nutrisi vitamin D menjadi penyebab insomnia selanjutnya untuk mengatasinya anda dapat meluangkan waktu untuk menikmati paparan sinar matahari di pagi hari. Kurangnya nutrisi dari vitamin B12 juga berpengaruh pada kualitas tidur anda.

6. Hewan Peliharaan


Kenapa dengan hewan peliharan ?? Saat anda memiliki hewan peliharan di rumah hewan peliharaan bisa mengganggu kualitas tidur anda  karena hewan peliharab memiliki siklus tidur yang berbeda dengan manusia. Hewan peliharaan anda akan seringkali membangunkan kita saat malam hari dan akan sangat menganggu waktu istirahat anda.

Untuk mengatasi insomnia yang sedang terjadi pada anda ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Berikut tips dan trik alami mengobati insomnia

Berolahragalah Secara Teratur

Sering-seringlah melakukan olahraga dipagi hari hari karena menurut penelitian olahraga secara teratur dapat membantu anda terhindar dari maslah dengan tidur. Kesehatan anda akan menjadi lebih optimal saat anda sering berolahraga dapat menghilangkan stres juga.

Bebaskan Pikiran

Hilangkan semua beban pikiran anda karena itu akan memudahkan anda untuk menemukan kualitas tidur terbaik anda.

Stop Merokok

Berhentilah merokok selain karena memang merokok tidak baik bagi kesehatan rokok juga mengandung zat nikotin yang dapat meningkatkan kinerja pada otak.

Hindari Mengkonsumsi Kafein

Sudah banyak yang tau kafein memang dapat menyebabkan kita susah untuk tidur. Nah jika anda menginginan kualitasbtidur yang baik hindari mengkonsumsi kafein yang biasanya terdapat pada kopi.

Jauhkan Hewan Peliharaan anda

Setelah tadi saya juga sudah jelaskan hewan peliharaan dapat menjadi penyebab insomnia untuk itu jauhkan hewan peliharaan jika anda akan tidur. Jangan sampai hewan peliharaan anda menggangu kualitas tidur anda.

Dengarkan Musik Yang Bermelodi slow

Kadang banyak suara-suara yang membuat kita tida bisa untuk tertidur, seperti jika rumah anda berada di dekat jalan raya, suara-suara bising dari kendaraan akan membuat anda kesulitan untuk tidur. Solusinya dengarkan alunan musik yang slow pendengaran anda lebih nyaman dan dapat mengantarkan anda ke alam mimpi yang indah.

Matikan Lampu Saat Tidur

Saat adanya cahaya di sekeliling kita tanpa anda sadar otak kita akan terus bekerja walaupun otak kita sudah lelah dan ini akan membuat kualitas tidur anda terganggu. jadi sebaiknya matikan lampu kamar anda jika anda akan tidur.

Hindari Terus Menggunakan Handphone

Saat anda ingin istirahat jauhkan hp dari jangkauan anda hindari juga terus menatap layar hp karena cahaya dari hp anda bisa membuat anda kesulitan untuk mendapatkan kualitas istirahat anda. Rileksasikan pikiran anda agar tubuh anda bisa beristirahat dan siap melakukan aktivitas pada keesokan harinya.

Melakukan Hubungan intim Dengan Pasangan

Bagi anda yang sudah berumah tangga cara ini bisa anda lakukan. Luangkan waktu bercinta dengan pasangan anda sebelum tidur karena seks dapat merilis sndorphin yang membuat anda merasa bahagia dan merasa lebih baik.

Laura Berman, seorang direktur di Berman Center for Women’s Sexual Health, mengatakan bahwa ciuman dan pelukan dengan pasangan yang Anda cinta, efektif dalam meredakan stres serta meredakan konflik dalam pikiran.

Wajib Di Baca Suplemen Kesehatan Untuk Mengatasi Insomnia


Selain hal-hal tersebut ada juga beberapa makana yang dapat anda konsumsi untuk mengundang rasa kantuk anda sehingga anda dapat tertidur.

* Makan Buah Ceri
Kandungan asam amino dan melantonin dalam buah ceri dapat mendorong perasaan kantuk.
* Teh Chamomile
Minumlah Teh Chamomile untuk menenangkan pikiran anda sehingga anda terhindar dari stres yang membuat anda susah untuk tidur.
* Minum susu Sebelum Tidur
Meminum susu hangat dapat merangsanng tubuh untuk lebih cepat lelah dan tertidur.
* Roti Gandum
Dalam roti gandung terdapat karbohidrat kandungan pada karbohidrat dapat menyebabkan kantuk yang disebabkan oleh kada triptofan pada otak.
* Coklat
Dari hasil penelitan para ahli gizi dari Institure of Transformational Nutrition, coklat memiliki kandungan hormon serotonin yang bisa membantu tubuh dan pikiran tetap santai.

Tips-tips di atas bisa anda coba agar insomnia bisa hilang dan kualitas tidur anda menjadi lebih baik.

0 Response to "Inilah Tips Dan Cara Terbaik Atasi Insomnia Yang Sulit Di Sembuhkan"

Posting Komentar