Random post

Wajib Anda Ketahui Bahaya Tinggi Dan Rendahnya Kadar Gula Darah Yang Menyebabkan Diabetes

Wajib Anda Ketahui Bahaya Tinggi Dan Rendahnya Kadar Gula Darah Yang Menyebabkan Diabetes


Dalam setiap tubuh manusia terdapat zat yang bernama glukosa atau lebih di kenal dengan sebutan gula darah. Pernahkah anda mengecek tinggi dan rendahnya kadar gula darah dalam tubuh anda ? Pada saat kadar gula darah tinggi atau rendah itu artinya tubuh anda tidak menadapat cukup insulin (hormon yang dilepas prangkeas) hormon ini di lepasan oleh prangkeas yang berfungsi sebagai pengubah glukosa menjadi energi yang di simpan di dalam hati dan otot manusia. Saat insulin tidak mencukupi inilah penyakit diabetes menyerang anda.


Pada saat normal kadar gula darah biasanya berkisar pada 70 - 130mg/dL sebelum makan jikaulau sudah makan biasanya kadar gula darah dalam tubuh berkisar 180mg/dL.Jika kadar gula darah dalam tubuh anda lebih dari 200mg/dL anda berada pada posisi Hiperglikemia ( kadar gula darah yang terlalu tinggi ).

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kadar gula dalam tubuh anda tinggi seperti stres, sering mengkonsumsi obat-obatan steroid, anda sedang menjalankan operasi, atau anda sedang terinsfeksi penyakit tertentu, terlalu banyak makan, jarang berolahraga, dan asupan gula yang berlebih ke dalam tubuh.


Selain itu kurangnya kualitas tidur atau seringnya begadang dan seringnya mengkonsumsi minuman kemasan yang banyak mengandung soda dapat menjadi penyebab kadar gula darah dalam tubuh anda.

Saat anda banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mangandung kadar gula yang tinggi hal ini dapat memicu naiknya kadar gula darah anda. Tapi apakah buah-buahan yang manis juga dapat emicu lonjakan kadar gula darah dalam tubuh ?

Jawabannya "Tidak" mengapa ?? karena kadar gula yang terdapat dalam buah itu alami dan kadar gulanya utuh terdapat serat jadi tidak akan menimbulkan lonjakan pada gula darah anda. Justru banyak mengkonsumsi buah itu akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Untuk posisi kadar gula yang rendah atau dalam istilah medis di sebut dengan hipoglikemia saat kadar gula dalam tubuh anda berada pada posisi di bawah 70mg/dL. Hal ini biasanya terjadi pada penderita diabetes.

Para penderita diabetes di anjurkan mengkonsumsi insulin karena, insulin yang terdapat pada tubuh penderita diabetes sedang tidak berfungsi dengan baik. Selain mengkonsumsi insulin bisa juga mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah berlebih pada penderita.

Bagi para penderita kadar gula darah yang rendah tolong hindari olah raga yang berat-berat, hal ini dapat memicu kondisi anda semakin parah. Pemicu lain dari kadar gula darah rendah adalah seringnya seseorang mengkonsumsi minuman yang beralkohol, sedang mengalami penyakit-penyakit kronis seperti hepatitis, dan adanya kekurangan pada hormon tertentu.

Disini anda perlu tau gejala saat kadar gula dalam tumbuh anda rendah. Pada saat ini gejala yang terasa seperti :


  • Tubuh terasa lemas serta tidak bertenaga
  • kulit menjadi memucat
  • sering berkeringat berlebih
  • mudah merasa lapar
  • mudah merasa lelah
  • jatung terasa berdebar yang tak biasa
  • sering merasa kesemutan di daerah mulut
  • mudah merasa gelisah
  • mudah merasa marah


Jika anda terus membiarkan gejala-gejala tersebut anda harus hati-hati karena bisa menimbulkan dampak-dampak yang membahayakan tubuh anda. Ini dampak-dampak yang dapat ditimbulkan antara lain saat berbicara ngelantur, sulitnya berkonsentrasi, tidak mampu berdiri bahkan berjalan, otot-otot berkedut, terjadi kejang, stroke, koma, bahkan meninggal.

Yuuu kontrol kadar gula darah anda saat ini juga.

Banyak cara yang dapat anda lakukan sebagai pengendalian kadar gula darah dalam tubuh agar tidak menjadi penyebab diabetes yang susah di sembuhkan. Berikut beberapa cara untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh anda.

1. Kontrol Pola Makan Anda

Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan berbagai minuman berenergi biasanya minuman yang berenergi banyak mengandung glukosa. Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan lengkapi dengan memakan sayuran serta buah-buahan.

Beberapa makanan yang baik untuk mengontrol kadar gula darah adalah Gandum, brokoli, bayam, kacang hijau, strawberry, salmon, minuman berkarbonasi, kayu manis dll.

2. Jaga Kualitas Tidur Yang Baik

Hindari tidur terlalu malam dan hindari begadang yang membuat tubuh anda tidak sehat. Karena tubuh juga memerlukan istirahat cukup.

3. Lakukan Tes Darah Teratur

Zaman sudah sekian canggih sekarang sudah banyak alat untuk mengetes kadar gula darah yang di jual di pasaran. tidak perlu rebot harus ke dokter atau bahkan periksa di lab.

4. Pengontrolan pada Berat Badan

Memang sebagian orang suka berbadan montok tapi kalau over saya rasa tidak. banyak berbagai cara diet sehat yang bisa melangsingkan badan anda dan membuat ideal. karena kegemukan memang menjadi faktor diabetes yang lebih baik di hindari ya sobat.

Jika sudah terkena diabetes mungkin hanya penyesalan yang dapat kita ratapi enapa dulu tidak menjaga pola hidup sehat. Kenali gejala-gejala saat anda sudah terkena diabetes dan jangan sampai di biarkan.

Gejala yang terjadi pada penderita Diabetes biasanya akan merasa mudah lelah, pandangan menjadi kabur, meningkatnya buang air kecil, sakit pada bagian perut, dan terasa mual, kekeringan pada mulut, sakit kepala, perasaan menjadi bingung dan gak jelas.

Akibat  dan komplikasi dari penyakit diabetes adalah :

> Kerusakan pada organ mata
> Berpotensi pada penyakit jantung
> Dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal
> Berdampak terhadap rusaknya saraf
> Berdampak pada rusaknya sistem kekebalan Tubuh
> Berdampak timbulnya gangreng atau luka yang sangat susah untuk disembuhkan
> Berdampak terjadinya Infeksi kulit dan gusi hepatitis stroke dan lain-lain


Mengerikan memang penyakit yang sangat banyak ditakuti setiap manusia. Dilansir dari sebuah artikel di salah satu berita situs terkenal di kota kalimantan timur menyebutkan Kaltim.prokal.co " Ternyata 70 % penderita penyakit diabetes di kaltim tidak menyadari sejak dini kalau mereka menderita penyakit diabetes. Menurut Data Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim, tahun lalu, penderita kasus lama diabetes alias kencing manis untuk laki-laki ada 13.564 orang. Perempuan ada 25.522 orang. Kasus baru diabetes pada tahun itu, laki-laki 3.974 orang dan perempuan 7.269 orang. Sepanjang kurun 2015, diabetes sudah “membunuh” 519 orang. Yakni, 194 laki-laki dan 325 perempuan".
“Tiap tahun, penderita diabetes terus meningkat, itu pun baru 30 persen (dari total penderita) yang terdiagnosis oleh rumah sakit,” kata Soeharsono, kabid Pengendalian dan Penyuluhan Penyakit Lingkungan (P2PL), Diskes Kaltim, kemarin sumber http://kaltim.prokal.co/

Penanganan tepat dan cepat, simple dan juga tanpa efek saming bisa mengkonsumsi obat herbal Ace Max's yang telah terbukti menyebuhkan diabetes lihat artikel tentang khasiatnya disini Ace Max's Penyembuh Diabetes Kronis

0 Response to "Wajib Anda Ketahui Bahaya Tinggi Dan Rendahnya Kadar Gula Darah Yang Menyebabkan Diabetes"

Posting Komentar